5 Text Editor Terbaik Untuk Ngoding

Bagus Rian Kusuma
3
text editor terbaik untuk ngoding

Bagi kalian yang sering berkecimpung di dunia website sebagai web developer "web progaming atau web designer", pastilah tidak asing lagi dengan yang namanya text editor. Sebenarnya text editor hanya berguna untuk menuliskan kode-kode yang digunakan dalam bahasa pemograman itu sendiri. Tetapi beberapa text editor memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh text editor lainnya.

Text editor menurut saya hanyalah sebuah program aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat catatan atau semacamnya. Tetapi bagi para programer text editor sangat berguna untuk menuliskan kode-kode tertentu untuk membuat website atau aplikasi.

Ada banyak text editor yang biasanya digunakan para programer untuk ngoding, nah kali ini saya akan membagikan beberapa text editor terbaik untuk ngoding. Langsung simak dibawah :


Text Editor Terbaik Untuk Ngoding


1. Sublime Text


Sublime Text adalah salah satu text editor terlaku untuk ngoding, karena kelebihanna yaitu adanya fitur Multiple Selection yang berfungsi sebagai pembuat perubahan kode dalam waktu yang sama dalam baris berbeda.

Selain dari, itu sublime text juga memiliki fitur Command Pallete yang berfungsi untuk mengakses file shortcut lebih mudah. Namun sublime text juga memiliki kelemahan yaitu adanya beberapa plug in yang belum tersedia dalam aplikasi ini jika dibandingkan dengan text editor lain.

Selain itu sublime text juga berbayar, tetapi anda tidak perlu khawatir karena walaupun berbayar anda tetap bisa menggunakannya secara gratis.



2. Atom


Text editor ini sangat populer di kalangan doveloper dalam mengedit text kodingan di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Software ini juga bisa digunakan oleh siapa saja karena gratis dan bagusnya lagi atom dapat terhubung langsung dengan project yang ada di github.

Selain itu instalasi software ini juga sangat mudah dilakukan yang mana memiliki performa yang sesuai kebutuhan kita dalam menulis kode. Dalam segi tampilan software ini memiliki tampilan yang elegan dan enak dilihat karena memiliki tema Dark mode ataupun light mode dan masih banyak tema lainnya.



3. Visual Studio Code

Seperti pada text editor yang lain Visual Studio Code juga didukung dengan berbagai jenis bahasa pemograman seperti, PHP, JavaScript, Java, C++, dll. Yang dimana text editor ini bisa mengidentifikasi secara otomatis jenis bahasa pemograman yang kita ketikkan.

Sama seperti Atom, Visual Studio Code ini juga sudah terintegrasi dan terhubung langsung dengan GitHub. Dengan begitu anda bisa langsung menyimpan atau memanggil semua kode yang sudah anda buat sebelumnya lebih mudah dan praktis.

"Download Visual Studio Code"


4. Brackets



Brackets merupakan salah satu text editor yang dikembangkan untuk kebutuhan Front-End develover dan Web design.Jika anda menggunakan text editor yang satu ini maka, anda bisa langsung melihat hasil perubahan terbaru dari kode yang baru anda buat tanpa melakukan save terlebih daulu.

Sehingga text editor ini lebih efektif untuk para desain grafis maupun web developer. Namun anda tidak bisa membuka file gambar jika menggunakan brackets. Tetapi anda juga dilengkapi fitur New and Improved yang sengaja dikembangkan untuk para developer.

"Download Brackets"


5. Light Table



Light Table merupakan software editor text yang cukup sederhana pemakaiannya. Ditambah lagi Software ini memiliki debug dan akses penyimpanan yang cukup luas. sehingga kita lebih mudah dalam memakainya.

Akan tetapi, Light Table ini jarang digunakan atau bisa dibilang tidak cocok untuk pengembangan abstraksi. Walaupun begitu pihak pengembang dari software ini berusaha agar meningkatkan performa program pada Light Table secara real time.

"Download Light Table"



Nahh itulah tadi beberapa aplikasi text editor untuk ngoding. Jangan lupa ikuti Lifeintekno untuk mendapatkan notifikasi jika ada artikel terbaru. see youu !

Tags

Post a Comment

3Comments

  1. VS code
    Saya pakai itu.

    1 sampai 3 sdh coba semua. Ntah kalau yang 4 dan 5 belum pernah coba

    www.keepburger.com

    ReplyDelete
  2. Sampai saat ini masih pakai Sublime Text

    ReplyDelete
Post a Comment