Tips Agar Suhu Laptop Tetap Dingin

Bagus Rian Kusuma
4
Tips Agar Laptop Tetap Dingin

Para pengguna laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan laptop yang kadang bisa panas dengan sendirinya. Nah jadi "Gimana sih cara agar suhu laptop tetap dingin" pasti pernah mikir begitu kan?. Kali ini saya akan membagikan caranya, langsung sikat aja gan.

Tips Agar Suhu Laptop Tetap Dingin

1. Gunakan Cooling Pad
Memang sudah gak asing lagi menggunakan Cooling Pad sebagai alat pendingin suhu laptop. Ada berbagai macam Cooling Pad dari yang murah hinga mahal, biasanya Cooling Pad yang murah hanya memiliki kecepatan putar yang rendah berbeda dengan yang harganya yang mahal bisanya kecepatan putarnya tinggi dan lebih bisa mengatasi suhu laptop yang terus meningkat. Penggunakaan Cooling Pad ini dianjurkan bagi kalian yang sering menghidupkan laptop lebih dari 3 jam untuk mengurangi suhu dari laptop.


2. Usahakan Suhu Ruangan Sedingin Mungkin
Hindarilah menghidupkan laptop di ruangan yang suhunya panas atau yang tidak ada sirkulasi udaranya. Hal itu dikarenakan bisa menyebabkan suhu laptop meningkan dengan cepat dan menimbulkan overhead, biarpun laptop sudah memiliki pendingin sendiri hal itu belum cukup untuk mengatasi overhead ketika berada dalam ruangan yang suhunya panas.


3. Bersihkan Debu Pada Ventilasi Laptop
Usahakan untuk membersihkan debu pada ventilasi laptop seminggu sekali atau minimal sebulan sekali. Jika tidak dibersihkan maka nanti akan banyak debu yang menempel pada ventilasi laptop yang menyebabkan proses pengeluaran udara panas dari laptop terganggu, dan akan menyebabkan laptop overhead.


4. Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Tahukan kamu bahwa dengan membuka aplikasi secara berlebihan akan membuat laptop bekerja lebih, alangkah baiknya tutup saja aplikasi yang sekiranya sudah tidak anda gunakan lagi.


5. Matikan Laptop Jika Tidak Terpakai
Meskipun tidak ada aplikasi yang terbuka, laptop akan tetap bekerja walaupun hanya dalam skala kecil saja dan jika dibiarkan terlalu lama suhu laptop juga akan meningkat. Jadi alangkah baiknya jika anda matikan saja laptop yang tidak dipakai untuk menjaga keawetan laptop anda sendiri.


6. Atur Power Mode
Sebuah laptop pasti memiliki program untuk mengatur pemakaian power, nah biasanya pengaturan power ini berada dalam setingan battery setelah itu atur dari mode "Best Performance" ke dalam mode "Balance" atau mode "Power Saver". Itu berguna agar kinerja dari laptop anda tidak terlalu tinggi dan bisa menjaga suhu tetap stabil.



Itulah beberapa Tips Agar Suhu Laptop Tetap Dingin, Sekian dulu artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam mengatasi suhu laptop yang meningkat. see you!

Tags

Post a Comment

4Comments

  1. Template apa nih,,
    Mampir ke edogaming.xyz juga yah blog cenderung ke game sma tutorial blogging sma YouTube

    ReplyDelete
  2. Keren hu mampir juga di blog saya https:googledeso.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Dari keenam tips, gak ada saya terapkan ke laptop saya 😂. Sukses bang

    ReplyDelete
Post a Comment