Tips Cara Pemeliharaan Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Bagus Rian Kusuma
1
Tips Pemeliharaan Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Banyak orang mengeluh karena laptop mereka lemot ataupun rusak. Hal itu disebabkan karena mereka tidak tahu cara memelihara laptop dengan benar. Sebagian mereka kebanyakan hanya tahu cara menggunakan laptop tanpa tahu cara memelihara laptop itu sendiri. Saya sangat sarankan anda untuk membaca artikel ini sampai habis.

Tujuannya adalah agar anda tahu bagaimana tips pemeliharaan laptop dengan benar, sehingga laptop anda bisa awet dan tahan lama. Nah jadi apa saja tips untuk memelihara laptop ?


Tips Pemeliharaan Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

1. Jauhkan Dari Sesuatu yang Basah
Seperti barang elekronik lainnya, anda pasti sudah tahu bahwa barang elekronik sangat anti dengan air. Terlebih lagi pada air yang mengandung mineral, solanya kalo terkena air yang ada kandungan mineralnya bakal korosi pada bagian-bagian tertentu dan kalau tingkat korosinya banyak otomatis laptop anda sudah pasti akan rusak.

Maka dari itu alangkah baiknya jika anda jauhkan laptop dari sesuatu yang basah untuk mencegah air masuk ke laptop dikarenakan kelalaian anda atau semacamnya. Memang terlihat sepele tapi sangat berbahaya bagi kondisi laptop.


2. Batasi Waktu Untuk Main Game Berat
Bermain game berat memang tidak masalah, tetapi jangan terlalu lama untuk memainkannya ini merupakan salah-satu penyebab laptop cepat rusak.

Karena laptop bisa cepat mengalami overhead dan menyebabkan bagian dalamnya gosong. Apalagi jika spek laptop kalian pas-pasan maka akan lebih cepat mengalami overhead.


3. Pilih sistem Operasi Yang Cocok
Kebanyakan orang mengganti laptop kerena, laptop yang mereka punya memiliki kecepatan yang sangat lambat. Selain masalah hardware, biasanya hal itu juga disebabkan karena pemasangan sistem operasi yang tidak cocok pada laptopnya.

sebagai contoh jika anda mempunyai laptop yang memiliki ram 1 GB dan anda memasang windows 10 sebagai sistem operasinya. Tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi lemot.


4. Bersihkan Laptop Secara Teratur
Cara pemeliharaan laptop yang selanjutnya adalah dengan cara membersihkannya secara teratur. Untuk komponen yang wajib untuk dibersihkan adalah fan atau kipas, dikarenakan komponen tersebut tempat berkumpulnya debu dan kotoran.

Apabila kipas pada laptop berdebu maka kipas tersebut tidak akan berfungsi dengan baik dan akan menyebabkan laptop cepat panas, dan apabila sudah terlalu panas akan biasanya akan terjadi 2 hal yaitu pertama laptop akan overhead kemudian yang kedua laptop akan sering mati secara tiba-tiba.


5. Perhatikan Batrai Jangan Sampai 0%
Mungkin ini terlihat sepele bagi sebagian orang. Tetapi ini sangat berpengaruh terhadap kondisi laptop itu sendiri terlebih lagi pada bagian batrai. Mengapa bisa terjadi?

Biasanya orang yang sering memainkan laptop sampai batrai habis atau sampai 0%, batrainya yang tadinya bisa tahan hingga 4-5 jam mungkin hanya bisa bertahan hingga 1 jam saja. Maka dari itu hindarilah penggunaan batrai hingga habis.



Sekian dulu tips untuk cara pemeliharaan laptop dari Lifeintekno semoga artikel diatas bisa membantu anda agar laptop anda bisa tetap awet dan tahan lama.


Tags

Post a Comment

1Comments

Post a Comment