Simak Beginilah 10 Langkah Optimasi SEO On Page

Bagus Rian Kusuma
4
10 Langkah Optimasi Seo On Page

Lifeintekno - Bagi kalian yang sering berkecimpung di dunia blogger dan Wordpress Kalian pasti tahu apa itu SEO (Search engine optimization). SEO adalah upaya yang dilakukan untuk membuat blog atau web kita menjadi posisi teratas di pencarian Google Dengan cara Menggunakan kata kunci yang sudah direset dan ditargetkan.  SEO memiliki dua buah macam teknik yaitu itu Seo on Page dan Seo off Page. 

Kali ini saya akan menjelaskan tentang Apa itu Seo on page. dengan melakukan teknik SEO kalian sama saja dengan melakukan relevansi terhadap mesin pencarian. baiklah langsung kita mulai saja membahas tentang bagaimana cara kerja Seo on page .

Seo on page
SEO on page adalah teknik optimalisasi pada halaman. Sesuai dengan namanya  Seo on Page adalah  optimalisasi SEO yang dilakukan pada konten yang akan diterbitkan agar mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca blog maupun web.   

10 Langkah Optimasi Seo On Page

1.Perhatikan heading
Pada umumnya mesin pencarian seperti Google, sangat memperhatikan kata kunci pada heading (judul) yang anda miliki atau judul pada web. Maka alangkah, baiknya anda menaruh kata kunci pada heading (judul) setiap halaman web . 

Tetapi ingat anda tidak boleh membuat judul yang tidak ada kaitannya dengan konten, jika itu terjadi di Google bisa mencap konten anda tidak relevan.

2. Gunakan Permalink Sederhana
Permalink yang sederhana adalah salah satu indikator  utama SEO, jika Anda menggunakan  permalink yang terlalu panjang mesin pencari akan kebingungan mengenali topik yang akan anda bahas.

Saran saya adalah gunakan  permalink yang hanya fokus kepada kata kunci yang anda targetkan. Sebagai contoh  Jika kalian ingin Menargetkan kata kunci Belajar HTML, maka permalink yang tepat untuk konten tersebut adalah : www. website.com/ belajar-HTML/

3. Tambahkan Gambar atau Video
Untuk kalian yang ingin menulis konten blog  atau website , Setelah kalian menulis konten jangan lupa untuk menggunakan kan gambar maupun video. 

Karena konten yang hanya berisi teks saja tentu akan membuat pembaca merasa bosan jadi di pastikan untuk menggunakan 1 atau 2 gambar di konten Anda.

4. Optimasi Gambar
Setelah kalian menambahkan gambar maka langkah selanjutnya adalah untuk mengoptimasi gambar supaya gambar yang anda tambahkan bisa meningkatkan kualitas Seo anda. 
  • Pertama adalah pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar. seperti yang kita tahu untuk meload gambar yang besar maka akan membutuhkan data yang besar juga  dan otomatis akan membuat performa web atau blog kita menjadi lambat.
  • Kedua,  Berikan nama file yang sesuai dengan kata kunci yang anda targetkan. itu juga adalah salah satu faktor yang bisa membuat gambar kita menjadi Seo friendly dan bisa muncul di Google Search image.
  • Ketiga, beri ALT text alternatif text. itu berguna untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang akan anda bahas di konten dan memudahkan gambar untuk muncul di hasil pencarian gambar.

5. Fokus keyword di 100 kata pertama
Selain Anda harus memperhatikan judul, paragraf pertama juga tidak kalah penting. untuk paragraf pertama Anda harus membuat kalimat yang harus  to the point mengenai  konten anda. 

6. Gunakan Tema Responsif
tema yang responsif adalah salah satu faktor terbesar dalam  SEO.  Bagaimana tidak karena sebagian besar para pembaca blog atau wordpress  adalah pengguna mobile. 

Nah, Bagaimana jika tema yang Anda gunakan tidak responsif maka  para pembaca blog akan otomatis langsung keluar dan tidak  jadi membaca di tempat kita.

7. Maksimalkan Internal Link
Apakah anda pernah melihat tulisan baca juga  pada kebanyakan  blog. nah, itu adalah penerapan dari internal Link yang mengarah pada ada konten lainnya sehingga pengunjung akan betah berada di blog anda. Selain itu, internal  link juga bisa membantu mesin pencari untuk memahami my hub bungan antar halaman dalam blog atau website anda.

8. Kecepatan Website
Pernahkah anda  membuka suatu website dan dan di Access sangat lama? Apa yang Anda lakukan otomatis anda akan meninggalkan  website tersebut. nah, begitu juga jika itu terjadi dengan website anda maka para pengunjung akan meninggalkan website  anda.  

9. Buat Konten Menarik dan Berkualitas
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten adalah bagaimana cara agar pengunjung cepat merasa puas dengan tulisan yang anda buat. 

Tanpa kualitas yang baik sebanyak apapun konten yang anda buat maka pengunjung sudah tidak tertarik dengan melihat tulisan anda. jadi di mulai dari sekarang belajar cara membuat konten yang berkualitas dan menarik.

10. Atur Link Jadi Open In New Tab
Mungkin cara ini ini terdengar sangat  sepele, tapi cara ini bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung di blog anda. 

Bayangkan, jika pembaca ingin membuka 5 artikel maka membaca perlu menekan tombol kembali berulang-ulang untuk sampai di konten pertama tadi. 


Penutup
mungkin  itulah beberapa cara untuk melakukan Seo on page pada blog dan website. optimasi Seo on page bukanlah hal yang sulit dengan hanya menerapkan seperti cara diatas kalian telah melakukan optimasi SEO yang lumayan baik, dan otomatis akan menaikkan peringkat anda mesin pencarian. selanjutnya saya akan membahas Bagaimana cara optimasi Seo off page. jadi ikuti terus lifeinTekno untuk mendapatkan artikel yang bermanfaat.

Tags

Post a Comment

4Comments

  1. Oalah baru tau kalo open new tab bisa pengaruh ke SEO

    ReplyDelete
  2. I love this blog because it is user friendly with appreciative information.
    on-page seo optimization

    ReplyDelete
  3. I went over this website and I conceive you've got a large number of splendid information,

    ReplyDelete
Post a Comment