Matamu Cepat Lelah saat Menatap Layar Smartphone? inilah Solusinya!

Bagus Rian Kusuma
0
Matamu Cepat Lelah saat Menatap Layar Smartphone? inilah Solusinya!

Lifeintekno - Apakah kalian pernah merasakan mata yang kelelahan karena terlalu lama menatap layar smartphone.

Memang benar bahwa terlalu lama Menatap layar ponsel bisa membuat mata kita menjadi lelah dan beresiko mengganggu kesehatan mata.

Daftar isi :
  1. Menurunkan Brightness Layar
  2. Nyalakan Mode Pelindung Mata dan Dark Mode
  3. Banyak Berkedip
  4. Atur Jarak Pemakaian
  5. Gunakan Kacamata Anti Radiasi
  6. Penutup

Matamu Cepat Lelah saat Menatap Layar Smartphone? inilah Solusinya!

Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar mata kita tidak cepat lelah Menatap layar smartphone. Cara berikut ini bisa dilakukan untuk membuat mata sedikit lebih nyaman saat menatap smartphone.


1. Menurunkan Brightness Layar

Apabila kalian berada dalam ruangan usahakan agar brightness layar anda disetel serendah mungkin, karena di dalam ruangan tidak ada backlight dari cahaya lingkungan.


Cara lainnya adalah aktifkan saja fungsi kecerahan cahaya ya Secara otomatis, selain dapat membuat mata menjadi lebih nyaman menurunkan brightness layar juga dapat membuat baterai menjadi hemat.


2. Nyalakan mode pelindung mata dan Dark mode

pada umumnya, smartphone keluaran terbaru memiliki sebuah fitur yaitu perlindungan mata. fitur tersebut akan mengatur cahaya layar menjadi agak kekuning-kuningan dan membuat mata menjadi nyaman. Serta cahaya yang dihasilkan sangat berbeda dengan cahaya tanpa perlindungan mata yang terkesan mencolok di mata.

Fitur Dark mode juga dapat digunakan Kan untuk menekan paparan cahaya yang diterima mata.


3. Banyak Berkedip

Menatap layar smartphone dalam kurun waktu yang lama pasti akan membuat mata menjadi kering.
Hal itu terjadi karena tanpa kita sadari frekuensi berkedip berkurang saat melihat layar, yang normalnya kita berkedip sebanyak 15-20 kali kedipan per menit bisa menjadi setengahnya saja.


Oleh karena itu Usahakan kedipkan mata anda sesering mungkin saat Menatap layar smartphone.


4. Atur Jarak Pemakaian

Memegang Smartphone terlalu dekat ataupun terlalu jauh bisa membuat mata bekerja ekstra dan menjadi cepat lelah.


Jarak ideal untuk melihat layar ponsel adalah Kisaran 20-30 cm dari mata. Selain jarak pemakaian ada baiknya anda juga batasi penggunaan ponsel agar tidak terlalu lama.


5. Gunakan kacamata anti radiasi

Bagi kalian yang sering menggunakan ponsel ataupun laptop baik untuk bekerja maupun untuk hiburan semata, ada baiknya anda menggunakan kacamata anti radiasi. Karena, kacamata ini berfungsi untuk menangkal efek sinar biru yang berpotensi merusak mata serta dapat mengurangi ketegangan mata saat melihat layar ponsel maupun laptop.


Alangkah baiknya kalian menjaga kesehatan mata dan menggunakan kacamata ini, karena menurut penelitian seseorang yang sering berhubungan dengan gadget biasanya akan berakhir dengan penglihatan yang menjadi kabur, mata tegang dan sakit kepala.




Penutup

Sudah tahu kan bahaya cahaya radiasi dari ponsel bisa merusak mata. maka dari itu saya membagikan tips ini untuk membantu anda agar mata tidak cepat lelah saat Menatap layar smartphone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)