Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error yang Tidak Berfungsi Sebagian

Bagus Rian Kusuma
1
Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian

Lifeintekno - Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian. Bagi kalian yang sering menggunakan laptop pasti kesal ketika ingin mengetik tapi keyboard anda bermasalah, apalagi jika dalam keadaan terdesak.

Saat ini laptop adalah alat elektronik yang penting di zaman sekarang, bagaimana tidak? karena laptop bisa dibawa kemanapun untuk berbagai macam pekerjaan, Tugas Kuliah, dll. Berbeda dengan PC yang tidak bisa dibawa kemana-mana, karna alasan itulah laptop lebih praktis dibanding dengan PC.

Tetapi laptop juga memiliki kekurangan seperti cepat panas, keyboard yang bermasalah, serta baterai drop. Anda juga bisa cek artikel saya tentang  Tips Agar Suhu Laptop Tetap Dingin.


Penyebab Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian

Kali ini saya akan membagikan tentang Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian di beberapa tombol. Bagi kalian yang rutinitasnya bekerja atau mengerjakan tugas menggunakan laptop, pasti sangat kesal jika ada beberapa tombol keyboard yang bermasalah atau rusak terutama tombol penting seperti A, S, J, R ,dll.

Kerusakan seperti itu sering terjadi dan memiliki banyak penyebab. Hal itu biasanya lazim terjadi karena Tombol kemasukan banyak debu yang menyumbat dan tertinggal di sana maka dari itu menjaga kebersihan keyboard sangat penting.


Cara Mengatasi Keyboard yang Tidak Berfungsi 

1. Periksa Numlock
Pada umumnya orang akan kaget jika tombol keyboarnya tidak berfungsi. Yang harus anda lakukan pertama adalah tenang, setelah itu periksa kembali fungsi yang ada di laptop. Kadang - kadang itu terjadi karena hanya disebabkan oleh hal yang sepele, seperti tombol NumLock yang masih menyala. Untuk mematikannya anda hanya perlu menekan tombol FN + F8.

2. Pastikan Keyboard Tidak Terkunci
Ada banyak fitur di laptop yang dapat membuat Keyboard anda menjadi tidak berfungsi. salah satunya adalah fitur pengunci Keyboard, jadi pastikan bahwa anda tidak menekan tombol tersebut.

3. Restart Laptop
Langkah satu ini bisa dibilang bisa menyelesaikan masalah apapun pada laptop anda, dari laptop Ngelag sampai eror sistem lainnya. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk merestart laptop anda.

4. Periksa Driver
Coba anda ingat lagi apakah ada program yang meminta untuk menginstal driver? jika ada bisa jadi itulah alasan mengapa keyboard tidak berfungsi karena mungkin ada ketidakcocokan antara driver tersebut dan laptop anda. Jadi anda bisa hapus terlebih dahulu driver yang terakhir kali anda instal.

5. Bersihkan Tombol dari Debu
Tak dipungkiri bahwa kadang kita menggunakan laptop di mana saja baik dalam maupun luar ruangan. Kotoran dan debu sudah pasti ada yang menempel pada keyboard laptop anda, apalagi jika anda tidak pernah membersihkan keyboard pada laptop. Untuk membersihkannya anda bisa membuka tombol pada keyboard untuk hasil yang lebih maksimal, tetapi perhatikan hati hati dalam membuka tombolnya jika anda merasa tidak bisa maka bisa minta tolong ke teman yang ahli.

6. Bawa ke Tukang Servis
Ini adalah jalan terakhir jika anda sudah berusaha maksimal tapi hasilnya nihil. Bawalah ke tukang servis yang sudah anda percayai, jangan membawa laptop anda ke sembarang tukang servis. Karena jika anda bawa ke sembarang tempat servis yang belum cukup ilmu untuk membongkar laptop, bisa jadi hasilnya akan menjadi semakin parah.


Cara diatas bisa kalian pakai untuk mengatasi Keyboard laptop yang berfungsi sebagian. Tetapi jika anda masih ingin menggunakan laptop dan belum ada waktu untuk membawa ke kang servis maka anda bisa menggunakan Keyboard eksternal yang pada umumnya dihubungkan dengan menggunakan port USB.

Jadi sekian dulu Artikel kali ini semoga dapat membantu memecahkan masalah anda. Terimakasih, Semoga bermanfaat :)

Tags

Post a Comment

1Comments

  1. Laptop lenovo thinkpad x270 saya gak fungsi dari a-g, apa karena kehujanan ya, solusi yang pasnya gmn ya?

    ReplyDelete
Post a Comment